Profil

PROFIL
Usaha mulia terus dilakukan oleh segenap jajaran tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk semakin memberdayakan dan meningkatkan kualitas para warga yang memang HARUS ditolong.
Kemiskinan, cacat fisik maupun mental (difabel), ketidak-adilan, kepincangan social, kenakalan anak dan remaja, ketidakharmonisan keluarga dan lingkungan, tindak kekerasan, pelecehan seks, tuna susila, keterlantaran anak, yatim piatu, narkoba, penyakit menular termasuk HIV/AIDS, perlakuan buruk terhadap tenaga kerja rumah tangga, perdagangan manusia, bencana alam dan berbagai masalah, yang mengakibatkan sebagian masyarakat terpinggirkan, perlu ditangani. Tidak oleh satu dua orang atau kelompok, tetapi oleh semua, kita semua bersama-sama dan berkoordinasi dengan baik.
Untuk itulah BKKKS DIY ada dan diadakan. Badan ini lahir pada tanggal 2 Agustus 1975.
Kami berjuang dengan keras di DIY yang luasnya sekitar 3.200 kilometer persegi(km2) terdiri dari 4 (empat) kabupaten dan 1 (satu) kota , berada di Pulau Jawa. Pulau Jawa yang ‘dinobatkan’ menjadi salah satu pulau terpadat di dunia (dengan kepadatan penduduk 1.500 orang persatu kilometer persegi). Menurut sensus terakhir wilayah DIY dihuni oleh lebih dari 3,5 juta penduduk dengan pendapatan perkapita rata-rata Rp. 13 juta (setara US$ 1.200) per tahun. Sekitar seperlimanya tergolong miskin.
Banyak dari mereka butuh pertolongan dengan masalahnya masing-masing. Wajar saja kalau kemudian banyak badan atau lembaga yang dibentuk untuk membantu mereka dengan bidang yang ditangani. Semua lembaga dan badan bantuan tersebut bergerak dengan dikoordinasi oleh kami di BKKKS ini. Kami diwajibkan menyampaikan pertanggung-jawaban kami secara berkala kepada Gubernur DIY sebagai Kepala Pemerintahan di DIY INI.
Gagasan kami banyak, usaha kami cukup keras, sambutan masyarakat dan lembaga-lembaga yang kami koordinasi sangat positif. Kami membantu organisasi-organisasi social agar bertumbuh-kembang secara transparan, professional dan selalu mampu mempertanggung-jawabkan karya-karya social mereka. Seminar, pelatihan, pemberdayaan, konsultasi, penggalangan kerja sama antar mereka atau antara mereka dan BKKKS serta penyaluran bantuan dari dalam maupun luar negeri sudah sering kami laksanakan.
Organisasi yang bernaung di bawah paying BKKKS DIY saat ini sudah sekitar 100 lebih. Salah satu kendala utama yang dihadapi BKKKS selama ini adalah keterbatasan dana yang kami dapatkan dari sumber-sumber pendanaan. Kucuran dari pemerintah jauh dari cukup (kami memahami beban yang dipikul pemerintah), pemasukan dari donatur juga terbatas (banyak yang masih harus menolong diri sendiri atau mempunyai pertimbangan khusus masing-masing). Uluran kasih dari organisasi-organisasi di luar negeri, terutama dari Negara – Negara maju di Eropa dan Amerika, pernah kami peroleh, tetapi itupun tidak semuanya berujud bantuan tetap. Beberapa dihentikan karena menghadapi persoalan financial sendiri, kondisi ekonomi Negara, masalah internal atau karena mengalihkan bantuan ke badan lain di Negara yang lain dan lain sebagainya.
Sebagai puncaknya kami di BKKKS menghimbau dengan rendah hati dan kejujuran yang mendalam agar saudara – saudara yang berempati terhadap kami dalam penanganan masalah kesejahteraan social untuk membantu mereka yang sangat membutuhkan bersedia membantu kami dengan menyumbangkan dana, gagasan maupun bentuk pertolongan lainnya kepada BKKKS DIY.
Kami menjamin semua bantuan anda akan bermanfaat bagi yang memang butuh bantuan bantuan, karena kami adalah para relawan professional yang mengelola karya kami dengan transparan demi orang lain, BUKAN diri pribadi kami.
Jika anda bermaksud menyumbang dana, kirimkanlah ke rekening (account) kami di BANK BUKOPIN 1004200029 a.n BK3S DIY.
Untuk komunikasi, anda dipersilakan menghubungi kami di telepon (0274) 560222, 548894 atau fax (0274) 560222 atau email : bkkks_diy@yahoo.co.id
Kurang mantap ? Monggo Rawuh (Silakan Datang) ke kantor kami di Jalan Tentara Rakyat Mataram, Badran Gang Melati JT I / 704 Yogyakarta 55231. Akan kami sambut dengan tulus dan kami selalu terbuka untuk bekerjasama sebaik mungkin !

Ketua Umum
BKKKS DIY

BRAy. PRABUKUSUMO